Kolesterol Tinggi bisa terjadi karena Keturunan

Kolesterol Tinggi bisa terjadi karena Keturunan – Sebagian orang mungkin menyangka bahwa penyakit yang disebabkan oleh kolesterol dikarenakan faktor berat badan yang berlebih atau karena pola dan gaya hidup yang tidak baik di jaman serba modern ini. Konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak menjadi salah satu penyebab utama penderita kolesterol semakin banyak di negara kita ini.

Tubuh yang gemuk atau berat badan yang lebih, memang rentan dengan penyakit kolesterol. Faktor lemak dalam tubuh yang gemuk dan berat badan berlebih, yang dapat menyebabkan penyakit kolesterol ini lebih mudah terserang pada orang yang bertubuh diatas rata-rata. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa kolesterol yang tinggi ini bisa juga menyerang orang-orang yang bertubuh kurus dan tidak memiliki berat badan berlebih.

Faktor keturunan bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit kolesterol pada orang yang bertubuh kurus. Hal ini yang banyak tidak disadari oleh mereka yang bertubuh kurus namun memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Akibatnya, tidak sedikit dari penderita ini, mendadadak terkena serangan jantung atau stroke. Terkadang masyarakat kita menganggap penyakit ini bukan merupakan penyakit yang membahayakan, cukup dengan konsumsi obat kolesterol, sudah dapat menyembuhkan penyakitnya.

Kerusakan gen yang mengatur reseptor LDL ini bisa diperoleh dari faktor genetika orang tua yang terkena kolesterol. Beberapa kasus seperti di Amerika, dari sekian ribu orang yang memiliki kolesterol tinggi karena faktor keturunan, 10% diantaranya yang mengetahui bahwa kolesterol karena faktor keturunan. Tak heran jika 80-90% dari mereka banyak yang mengalami kematian akibat serangana jantung dan stroke yang terjadi pada usia muda.

Untuk mengetahui kadar kolesterol seberapa besar ada dalam tubuh kita, ada baiknya kita secara rutin memeriksakan diri di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Jika diketahui kadar kolesterol dalam darah sedang tinggi, kita bisa dengan cepat mencegahnya dengan meminum obat kolesterol yang sudah diberikan oleh dokter atau banyak dijual.

Faktor keturunan ditambah pola makan yang kurang sehat, dapat memicu penyakit akibat kolesterol semakin bertambah. Meningkatnya angka kematian akibat serangan jantung mendadak dan serangan stroke lebih disebabkan karena kolesterol dalam darah yang tinggi tanpa kita ketahui sebelumnya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *