Makan Buah Manggis….Kulitnya juga Yaaa

Makan Buah Manggis….Kulitnya juga Yaaa – Pasti sudah tau kan buah manggis? Buah yang memiliki rasa unik, manis dan asam ini mengandung serat serta karbohidrat. Selain itu juga benyak mengandung vitamin A, B2, B6, vitamin C dan berbagai mineral lainnya seperti zat besi, kalsium serta kalium yang baik bagi tubuh bila dikonsumsi.

Dan ternyata tidak hanya buahnya saja lho yang baik bagi tubuh, kulitnya pun mempunyai banyak manfaat yang wow untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit yang berbahaya. Di dalam kulit manggis terkandung senyawa xanthone yang diketahui dapat mencegah diabetes, kanker serta melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit kanker.

Nah…..keren banget kan khasiat dari kulit manggis? So, bila kamu makan buah manggis jangan dibuang ya kulitnya. Tapi jangan mengkonsusmsi kulit manggis secara mentah ya karena rasanya pasti pahit.

Beberapa cara untuk mengkonsumsi kulit manggis dapat dengan cara dibuat menjadi jus kulit manggis. Caranya yaitu dengan menyiapkan 3-4 kulit buah manggis kemudian diserut bagian dalamnya. Sebisa mungkin menggunakan kulit buah manggis yang berwarna ungu dan lunak. Setelah itu campurkan dengan segelas air dan haluskan menggunakan blender.  Selanjutnya rebuslah hingga mendidih lalu dinginkan. Setelah dingin,agar tidak terasa pahit, tambahkan gula secukupnya atau bisa juga menambahkan madu. Dan jus kulit manggis siap untuk di minum.

Cara lainnya yaitu dapat dengan cara diolah menjadi teh. Cucilah beberapa kulit manggis hingga bersih kemudian potong-potong menjadi bagian yang kecil-kecil dan jemur di bawah terik sinar matahari sampai kering. Setelah kering, dapat dikonsumsi dengan cara diseduh menggunakan air hangat lalu tambahkan madu atau gula untuk mengurangi rasa pahit kulit manggis tersebut.

Selanjutnya cara yang lebih praktis dan mudah. Ambil beberapa genggam kulit manggis yang telah kering kemudian rebuslah hingga air rebusannya menjadi lebih gelap. Kemudian saringlah dan siap diminum, jangan lupa tambahkan gula atau madu.

Mudah bukan untuk membuatnya. Itu beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengolah kulit manggis. Selamat mencoba ya.

 

 

 

 

 

 

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *