Aturan Baru Menhub Jalan Tengah Taksi Online dan Konvensional

Pengalamanku – Transportasi online yang menjamur di beberapa kota di Indonesia membuat angkutan konvensional merasa tersaingi. Tarif yang relatif murah dengan fasilitas pelayanan yang memuaskan (jemput di rumah dan antar sampai tempat, kendaraan yang aman, nyaman) membuat masyarakat banyak yang beralih ke transportasi online. Hal ini menyebabkan munculnya gelombang aksi demo yang dilakukan para sopir konvensional, ojek konvensional dan para pengusaha taksi argo.

Gelombang demo terjadi hampir di setiap kota yang tersaingi transportasi online. Berbagai negosiasi dan kesepakatan sudah dilakukan pemerintah di daerah karena tuntutan angkutan konvensional untuk menutup usaha transportasi online rupanya cukup sulit dilakukan. Pemerintah sendiri mengalami delamatis karena di satu sisi dengan tehnologi yang semakin canggih, persaingan usaha pun harus mengikuti perkembangan, dan transportasi online sebagai transportasi yang mengikuti perkembangan modern sangat mudah sekali diterima masyarakat.

Dampak lain dari keberadaan transportasi online adalah membuka peluang kerja bagi masyarakat yang saat ini kesulitan mencari kerja. Penghasilan yang dirasa lumayan sebagai driver transportasi online ini membuat ekonomi mereka yang menganggur menjadi lebih baik.

Menteri Perhubungan akhirnya memutuskan membuat peraturan Mentri perhubungan Permenhub no 108 Tahun 2017 yang akan berlaku tanggal 1 November 2017. aturan ini akan semakin mempertegas aturan main transportasi online. Selama ini yang menjadi perdebatan dua kubu ini yaitu apakah aplikator atau penyedia aplikasi dianggap perusahaan transportasi atau perusahaan tehnologi.

Wilayah operasi transportasi online ini juga nantinya akan diatur Dinas perhubungan dan Kepala Daerah, nantinya pengusaha transportasi online akan diurus ijinnya oleh kepala daerah masing-masing yang mengetahui karakteristik daerahnya dan lebih layak dalam mengambil keputusan.

Permenhub ini diharapkan dapat menjadi pemersatu antara angkutan konvensional dan transportasi online, dan tidak ada lagi demonstrasi menuntut dibubarkannya usaha transportasi online.

 

Klik : Taksionlinecirebon.com untuk mengetahui aplikasi transportasi online di wilayah tiga coirebon.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *