Makanan untuk Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Makanan untuk Menjaga Jantung Agar Tetap SehatJantung merupakan organ tubuh yang sangat penting yang menjadi pusat peredaran darah yang menghubungkan antara pembuluh darah yang satu dengan pembuluh darah lainnya. Jantung memiliki rongga yang berfungsi untuk memompa darah melalui pembuluh darah yang dilakukan dengan kontraksi berirama secara terus menerus.

Jantung menyuplai oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah serta dapat membersihkan tubuh dari sisa hasil metabolisme atau karbondioksida. Seiring bertambahnya usia seseorang maka fungsi jantungpun akan berubah karena terus bekerja dan telah lama digunakan sehingga mengalami penurunan kinerja. Setiap hari jantung mengalirkan darah keseluruh tubuh secara continue lebih dari 14.000 liter dalam sehari.

Ada 4 bagian jantung, antara lain :

  • Katup mitral, letaknya di antara serambi kiri dan bilik kiri, normalnya ada dua katup.
  • Katup aorta, berada di antara bilik kiri dan aorta atau juga batang nadi.
  • Katup trikuspid, berada di serambi kanan dan bilik kanan.
  • Katup pulmonalis, berada di antara bilik kanan dan arteri pulmonis.

Kesehatan jantung perlu dijaga dan cara untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dnegan menerapkan pola hidup sehat seperti, berolah raga secara teratur, tidak merokok dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Agar jantung dapat bekerja dengan baik sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa fitonutrien yang biasanya terdapat pada sayur dan buah.

Berikut makanan yang mengandung fitonutrien yang baik untuk menjaga kesehatan jantung :

  1. Kacang
  2. Biji-bijian utuh
  3. Apel
  4. Bawang
  5. Anggur
  6. Kubis
  7. Buah Beri
  8. Teh Hijau

Selain mengkonsumsi makanan seperti diatas lebih baik lagi jika dibarengi dengan mengkonsumsi obat herbal yang mampu menjaga kesehatan dan mencegah beragam penyakit berbahaya dalam tubuh.

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *