Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Wanita

Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Wanita – Buah mengkudu yang memiliki nama latin morinda citrifolia sudah tidak diragukan lagi. Buah ini merupakan sejenis pohon cemara tropis yang dapat dijumpai di kepulauan Pasifik, India, Australia dan Asia Tenggara. Mengkudu diketahui mengandung fitokimia yaitu zat pada buah-buahan yang dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Dalam buah mengkudu terkandung zat antioksidan yang bernama fitronutrien yang memberi manfaat untuk anti-inflamsi, anti-bakteri, meningkatkan imunitas serta berperan dalam memperbaiki sel tubuh. Buah mengkudu ternyata sangat baik bagi kesehatan wanita lho. Apa aja ya? Yuk simak ulasannya.

-Kesehatan Kulit

Buah ini kaya akan vitamin A, C dan E sangat baik dalam menutrisi kulit. Mengkudu dapat berfungsi sebagai perawatan kulit dengan cara menumbuk halus buah ini secukupnya dan kemudian dioleskan pada kulit. Lakukan perawatan ini selama 2 kali seminggu.

-Memulihkan Premenstrual Syndrome atau PMS

Ketika wanita memasuki masa menjelang menstruasi, ia akan lebih rentan untuk marah dan lebih sensitif karena adanya perubahan hormon dalam tubuhnya. Dan buah mengkudu memiliki senyawa-senyawa yang dapat meminimalisir perubahan hormon tersebut.

-Mencegah Osteoporosis Dini

Pada wanita lebih rentan untuk terkena tulang keropos bila dibandingkan dengan pria. Karena hormon estrogen menyebabkan wanita memiliki siklus yang khas seperti haid dan kehamilan dan sebagainya. Hal ini menyebabkan wanita kehilangan banyak kalsium. Dalam buah mengkudu mengandung asam kapril, metil asetil, morindin serta beberapa zat lainnya yang dapat membantu untuk menguatkan tulang.

-Membantu Menghilangkan Jerawat

Dalam buah mengkudu mengandung zat yang dapat membantu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Caranya sangat mudah, ambil buah mengkudu yang telah matang kemudian blender hingga halus lalu saring. Setelah itu oleskan air mengkudu tadi pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian basuh dengan menggunakan air hangat.

-Menghindari Kanker

Wanita sangat rentan terkena penyakit kanker serviks dan kanker payudara dan macam lainnya. Sebaiknya konsumsi buah mengkudu dalam bentuk jus agar mendapat manfaat  sebagai anti kanker.

Itu beberapa manfaat dari buah mengkudu bagi kesehatan wanita. Walaupun buah mengkudu memiliki bau yang tidak sedap namun memiliki banyak khasiat yang baik bagi ksesehatan wanita.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *