Ini Nih Buah Penurun Kadar Kolesterol

Ini Nih Buah Penurun Kadar Kolesterol – Kolesterol sebenarnya merupakan matabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan kemudian disirkulasikan dalam plasma darah. Dikatakan sebagai penyakit bilamana kadar kolesterol dalam darah mencapai batas maksimal kadar normal. Dan akibat dari kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya dalam tubuh.

Penyakit yang dapat ditimbulkan dari tingginya kadar kolesterol seperti jantung koroner, stroke, penyakit pembuluh darah perifer, diabetes melitus tipe 2, tekanan darah tinggi, disfungsi ereksi dan lain-lain. Nah, bila sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sebaiknya melakukan cara untuk mengatur pola hidup sehat dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah penurun kolesterol secara alami.

Lalu, apa saja buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut secara alami. Bebarapa buah di bawah ini dapat membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol, yaitu :

1.Alpukat

Buah ini mengandung lemak sekitar 16% namun lemak yang menyehatkan dan 63% lainnya adalah asam lemak tak jenuh. Dengan mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Karena lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat memiliki fungsi sebagai zat antioksidan. Zat ini dapat menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri akibat dari penumpukan kolesterol jahat.

2.Tomat

Buah ini termasuk dalam buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami. Dalam buah tomat terkandung senyawa likopen yang merupakan antioksidan. Dan antioksidan ini penting dalam mengurangi resiko stroke serta serangan jantung.

3.Jeruk Nipis

Mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat untuk menghambat produksi kolesterol LDL dan dengan demikian akan mengurangi resiko terkena serangan jantung.

4.Semangka

Buah ini mengandung likopen seperti halnya buah tomat. Dan zat ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

5.Apel

Buah apel mengandung zat beta-glucan yang memiliki peranan dalam mengontrol produksi kolesterol. Buah ini juga mengandung serta larut yang dapat menurunkan kolesterol serta mencegah arteri mengeras dan melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke.

6.Pisang

Memiliki serat makanan yang dapat membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Dan kandungan kaliumnya dapat menurunkan tekanan darah.

7.Jambu Biji

Memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, selain itu juga mengandung likopen, flavonoid, vitamin E, selenium yang bermanfaat bagi tubuh.

Itulah beberapa buah penurun kolesterol secara alami. Bagi penderita kolesterol, tidak cukup dengan konsumsi buah penurun kolesterol tetapi juga harus dibarengi dengan obat penurun kolesterol.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *