Kenali Ciri-ciri Penyakit Jantung, Sebelum Terlambat

Kenali Ciri-ciri Penyakit Jantung, Sebelum Terlambat – Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh dan kelainan pada jantung dapat mengakibatkan kematian. Dan penyakit jantung adalah suatu kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya lagi dengan baik. Penyakit jantung itu sendiri terjadi karena sel-sel jantung yang mati dan mengakibatkan proses pasokan darah ke jantung menjadi terhenti dan bahkan dapat terjadi akibat dari adanya penyumbatan pembuluh darah. Penyakit ini juga merupakan pembunuh nomor satu di dunia bersama dengan penyakit stroke.

Menurut keterangan yang didapat dari Federasi Jantung Dunia, bahwa sepanjang tahun 2014 di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus. Pada umumnya seseorang terkena serangan jantung akibat dari gaya hidup yang tidak sehat, merokok serta memakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga keseimbangan dalam pola hidup sehat serta mengenal ciri-ciri dari penyakit jantung agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Ciri-ciri awal dari penyakit jantung sebenarnya menyerupai sakit yang ringan namun secara umum, penyakit jantung ini memiliki gejala seperti berikut ini, yaitu :

1.Sakit pada bagian kepala

Timbulnya sakit kepala ini pada saat terkena sinar matahari, tanda ini merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang mempunyai masalah dengan kesehatan jantungnya. Pada umumnya menimbulkan denyut jantung yang lebih lambat atau lebih cepat. Dan pada wanita sering ditandai dengan sakit migrain.

2.Nyeri dada

Nyeri dada ini adalah sesak nafas yang disertai dengan keluarnya keringat, mual dan denyut jantung berdegup lebih kencang dari biasanya. Hal ini terjadi akibat dari adanya penyumbatan arteri sehingga aliran darah tidak berjalan dengan lancar.

3.Denyut jantung yang tidak teratur

Patut diwaspadai bila mengalami denyut jantung yang tidak beraturan karena dapat menimbulkan dampak yang negatif bagi kesehatan. Keadaan ini dapat terjadi akibat dari adanya penebalan otot pada katup jantung dan menyebabkan penyempitan pada katup dan menyebabkan kebocoran.

4.Mudah merasa lelah

Perasaan mudah lelah merupakan gejala awal dari penyakit jantung bahkan ketika tidak melakukan aktivitas fisik yang berat dapat munccul.

5.Pembengkakan

Pembengkakan dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti perut. Ini terjadi karena menurunnya fungsi jantung sehingga berdampak pada proses pembuangan cairan dari ginjal dan oleh karena itu terjadi pembengkakan.

6.Mual

Akibat dari pembengkakan pada bagian perut maka secara otomatis pengidap kehilangan nafsu makan serta merasakan mual yang berlebihan.

7.Rasa cemas yang berlebih

Gejala awal penyakit jantung erat kaitannya dengan rasa cemas yang berlebih. Dan dengan demikian mereka yang pernah mengalami serangan akan lebih sering mengalami ketegangan, ketakutan serta kecemasan akan kehilangan nyawa.

Itulah beberapa gejala awal dari penyakit jantung secara umum, bukan secara khusus karena setiap orang berbeda-beda. Mulai saat ini, sayangi jantung anda dengan menerapkan pola hidup sehat, menghentikan kebiasaan buruk merokok serta menghindari makanan yang berkolesterol tinggi.

 

 

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *