Cegah Pradiabetes Menjadi Diabetes dengan Langkah ini

Cegah Pradiabetes Menjadi Diabetes dengan Langkah iniPradiabetes adalah bukan penyakit namun suatu tanda peringatan bahwa kemungkinan anda memiliki diabetes tipe 2 dalam waktu dekat. Pada pradiabetes, gula darah lebih tinggi dari jumlah yang normal akan tetapi belum cukup untuk didiagnosa sebagai diabetes tipe 2. Dan memiliki pradiabetes merupakan suatu kondisi bahwa anda beresiko tinggi untuk terkena diabetes tipe 2 dalam jangka waktu 10 tahun.

Dan setelah terkena diagnosa pradiabetes ini maka sebiaknya dapat melakukan pencegahan agar tidak terkena diabetes tipe 2. Di mana diabetes tipe 2 ini merupakan suatu situasi kronis yang mempengaruhi cara tubuh memetabolisme gula dan tubuh menolak insulin atau hormon yang mengatur pergerakan gula ke dalam sel-sel sehingga tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula normal.

Beberapa langkah ini dapat mencegah pradiabetes berubah menjadi diabetes yaitu dengan cara berikut ini :

1.Berolahraga secara teratur

Pola hidup sehat ditandai dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang dapat meningkatkan kemmapuan tubuh dalam menyerap glukosa lebih banyak. Dan bila glukosa menurun maka tubuh tidak membutuhkan banyak insulin. Lakukan olahraga seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang secara rutin.

2.Menurunkan berat badan

Yaitu dengan menghilangkan lima hingga 10 persen berat badan dapat mengurangi resiko perkembangan pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Bila menderita obesitas sebaiknya lakukan program penurunan berat badan.

3.Pola makan yang sehat

Adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, rendah gula dan rendah sodium. Serta memilih minuman yang berkalori rendah atau bahkan sama sekali tidak berkalori. Gantilah karbohidrat putih seperti nasi atau roti dengan beras merah atau biji-bijian. Dan aturlah porsi makan.

4.Memantau kadar kolesterol dan tekanan darah

Pada penderita pradiabetes dan diabetes tipe 2 sangat beresiko memiliki kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Untuk itu agar dapat dikendalikan dan terkontrol maka sebaiknya lakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit serta tidak mengkonsumsi lemak jenuh dan tidak merokok.

5.Berhenti merokok

Merupakan salah satu gaya hidup sehat bila anda berhenti merokok. Karena hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah serta distribusi lemak perut pada perokok.

Itulah beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar pradiabetes tidak menjadi diabetes tipe 2. Terapkan pola hidup sehat karena ini dapat menurunkan resiko menjadi diabetes tipe 2.

 

 

 

 

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *