Gejala Diabetes yang Perlu Diwaspadai

Gejala Diabetes yang Perlu DiwaspadaiDiabetes merupakan kondisi dimana kadar gula dalam tubuh melebihi batas nirmal dan cenderung tinggi sehingga mempengaruhi kesehatan dan fungsi organ tubuh lainnya. Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit metabolisme yang dapat menyerang siapa saja termasuk anak kecil dan orang yang memiliki riwayat jeturunan mengidap penyakit diabetes. Penyakit diabetes atau kencing manis ini tidak dapat disembuhkan dan hanya bisa di cegah dan diobati. Penderita diabetes akan terus ketergantungan pada obat maupun insulin serta harus benar-benar menerapkan pola hidup sehat terutama menjaga pola makan.

Diabetes disebabkan oleh terganggunya kemampuan tubuh dalam menggunakan glukosa yang masuk ke dalam sel. Tubuh dalam keadaan normal mampu memecah gula serta karbohidrat menjadi gula khusus yang disebut dengan glukosa. Glukosa sendiri berfungsi sebagai bahan bakar untuk sel-sel di dalam tubuh. Untuk memasukkan glukosa ke dalam sel maka dibutuhkan insulin. Pada penderita diabetes tubuh tidak memiliki cukup insulin (DM tipe 2) bahkan tidak memiliki insulin (DM tipe 1).

Sel yang tidak mampu memanfaatkan glukosa maka glukosa tersebut akan menumpuk dalam aliran darah dan dapat merusak pembuluh darah kecil di jantung, ginjal, sistem saraf dan mata. Oleh karena itu, diabetes yang tidak segera ditangani dpaat menyebabkan penyakit komplikasi seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, stroke dan kerusakan saraf pada kaki.

Adapun gejala yang sering muncul pada penderita diabetes, antara lain :

  • Mudah haus dan lebih sering buang air kecil
  • Sering merasa lapar dan mudah lelah
  • Penglihatan kabur
  • Mulut kering dan kulit gatal-gatal

Glukosa yang terlampau tinggi juga dapat menyebabkan gejala lainnya seperti :

  • Infeksi jamur
  • Nyeri dan mati rasa di kaki
  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Sering merasa mual bahkan muntah
  • Penyembuhan luka yang lambat

Jika mengalami gejala diabetes seperti diatas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan sebelum terlambat. Lakukan pengobatan dengan tepat dan imbangi dengan mengkonsumsi obat herbal yang terbuat dari mengkudu untuk mengatasi diabetes. Mengkudu mampu mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap normal. Buah mengkudu memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *