9 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat

Tips Menghilangkan Jerawat

9 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat – Jerawat merupakan musuh terbesar bagi sebagian kaum hawa. Hampir semua orang pasti pernah mengalami timbulnya jerawat. Jerawat atau acne vulgaris dalam istilah medis pada dasarnya adalah benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah. Sebagian besar kasus jerawat terjadi pada usia dibawah 28 tahun. Terutama bagi remaja, mereka sangat rentan terkena jerawat pada usia 14-19 tahun. Penyebab timbulnya jerawat pada wajah yaitu Perubahan kadar hormon, biasanya terjadi selama masa puber, sedang mengalami menstruasi, dalam proses kehamilan serta mengalami stres yang berlebih dan berdampak pada kelenjar penghasil minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel rambut di kulit sehingga menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit.

Tindakan yang tepat jika memiliki jerawat yaitu menjaga kebersihan kulit diarea berjerawat, cuci muka dengan facialwash andalan kalian dua kali sehari agar tidak mengalami iritasi. Bisa juga facial di salon atau dokter kulit untuk menghilangkan jerawat. Selain itu dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti :

  1. Madu Asli

Madu asli berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Cara menggunakan madu untuk kulit berjerawat yaitu dengan mengoleskan madu pada wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

      2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Usapkan perasan jeruk nipis pada wajah sebelum tidur.

      3. Mentimun

Mentimun berfungsi untuk memperlancar saluran pada pori-pori wajah. Iris beberapa mentimun lalu tempelkan pada wajah yang berjerawat.

      4.Lemon

Peras lemon kemudian oleskan pada area yang berjerawat diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

      5. Baking Soda

Baking soda tidak hanya berfungsi untuk membuat kue tapi dapat juga digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cara mengoleskan pada area yang berjerawat setelah baking soda dicampur dengan air.

      6. Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki bebrapa bahan aktif untuk mencegah iritasi kulit dan mengeringkan jerawat. Caranya oleskan pasta gigi pada jerawat biarkan selama 2 jam lalu bilas dengan air dingin.

      7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam malat dan asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati serta antioksidan yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan kulit akibat jerawat. Cara menggunakan campur 5 ml cuka dengan air lalu oleskan pada wajah yang berjearawat.

      8. Es Batu

Es batu dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran penyebab jerawat. Cara pengaplikasian pada jerawat yaitu bungkus es batu secukupnya dengan kain bersih kemudian tempelkan pada area yang berjerawat.

      9. Putih Telur

Putih telur dapat mengecilkan pori-pori kulit serta mengurangi minyak berlebih yang menjadi penyebab jerawat.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *