Tempat Wisata Keluarga di Kuningan, Jawa Barat – Cibulan Ikan Dewa

Cibulan Kuningan

Tempat Wisata Keluarga di Kuningan, Jawa Barat – Cibulan Ikan Dewa

Bingung mencari tempat liburan bersama keluarga? Jangan khawatir karena di Kuningan, Jawa Barat ada suatu tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Objek wisata Cibulan diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan R.A.A. Mohamand Achmad. Cibulan merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kuningan selain Taman Linggarjati Indah dan Kolam Cigugur.

Di Cibulan terdapat dua kolam besar alami berbentuk persegi yang masing-masing memiliki kedalaman yang berbeda. Selain itu di Cibulan juga tersedia kolam renang buatan untuk anak-anak jadi para orangtua tidak perlu khawatir akan keselamatan putra-putri mereka. Para pengunjung di Cibulan dapat berenang dengan ikan-ikan yang ada di kolam alami tersebut. Ya, cibulan memang terkenal dengan ikan dewa atau ikan keramat yang konon katanya telah ada sejak zaman dahulu.

Di dalam kolam terdapat puluhan ikan yang berwarna abu-abu kehitaman yang ikut berenang bersama pengunjung. Menurut cerita, ikan ini dulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Prajurit tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi menjadi ikan. Ikan-ikan yang ada di Cibulan tidak pernah berkurang jumlahnya, jika kolam dikuras, ikan-ikan tersebut akan menghilang entah kemana dan saat kolam diisi air, mereka akan kembali dengan jumlah yang sama seperti semula. Ada pantangan untuk Anda jika ingin berkunjung ke Cibulan, jangan sesekali mengganggu ikan-ikan tersebut, jika ada yang mengganggu maka akan mendapat kesialan.

Ciri khas lain dari objek wisata Cibulan selain ikan dewa yaitu adanya 7 sumber mata air keramat yang dikenal dengan 7 sumur. Sumur tersebut berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama dan fungsi yang berbeda yaitu sumur kejayaan, sumur pengabulan, sumur ciranca, sumur cisadane, sumur kemudahan, dan sumur keselamatan. Tujuh mata air itu mengelilingi sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan Prabu Siliwangi ketika beristirahat setelah perang bubat.

Tarif masuk ke objek wisata ini cukup terjangkau yaitu Rp 17.000 untuk menikmati terapi ikan pengunjung dikenakan tarif tambahan sebesar Rp 5.000 . Sementara jalur ketempat ini bisa dari kota Kuningan +/- 10 km dan dari Cirebon +/- 20 km.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *